Efektivitas Pendidikan Kesehatan Dengan Media Sosial Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Status Keputihan Pada Siswi Sman 1 Palu
Effectiveness Of Health Education With Media Social Towards Knowledge, When Attitude And Status In The Palu 1 Siswi
DOI:
https://doi.org/10.55771/mppk.v1i1.5Keywords:
Pendidikan Kesehatan, Media Sosial, Keputihan, Siswi SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan yang signifikan pengetahuan, sikap dan status keputihan antara sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan (post-test) pada kelompok intervensi yang diberikan pendidikan kesehatan melalui media sosial dan juga kelompok kontrol melalui metode ceramah. Peneltian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Napabalano pada siswi kelas X dan kelas XI. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dengan media sosial, sedangkan variable terikatnya adalah pengetahuan, sikap dan status keputihan. Data diperoleh dengan memberikan angket pretest dan angket posttest kepada kedua kelompok kemudian dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan, sikap dan status keputihan sebelum diberi pelakuan dan setelah diberi perlakuan pada kelompok yang diberikan pendidikan kesehatan dengan media sosial yaitu p= 0,001, p= 0,000 dan p= 0,000, setelah diberikan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah yaitu p= 0,021, p= 0,000, dan p= 0,000. Terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan siswi dengan media sosial dibandingkn dengan menggunakan metode ceramah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Media Publikasi Penelitian Kebidanan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.