Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Kehamilan Dengan Metode Teorema Bayes

Expert System Applications To Diagnose Diseases in Pregnancy Using Bayes' Theorem Method

Authors

  • Eki Nawang Wulandari Stikes Batara Guru
  • Muh Risal Stikes Batara Guru
  • Roman Mustika Ayu Stikes Batara Guru

DOI:

https://doi.org/10.55771/mppk.v2i1.12

Keywords:

Aplikasi, Diagnosa, Penyakit Kehamilan, Teorema Bayes, Sistem Pakar

Abstract

Pendahuluan : Pada saat ini penyakit kehamilan dapat diketahui melalui konsultasi pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang membutuhkan waktu tidak singkat. Salah satu masalah yang dihadapi oleh ibu hamil pada masa kehamilannya yaitu kurangnya informasi mengenai kesehatan pada ibu hamil (Frieyadie & Aryanti, 2013). Sistem pakar adalah cabang kecerdasan buatan yang menggunakan pengetahuan/knowledge khusus untuk memecahkan masalah pada level human expert/pakar(Giarratano dan Riley,1994). Sistem pakar banyak dikembangkan dalam berbagai ilmu, salah satu diantaranya dalam bidang kedokteran untuk melakukan diagnosa penyakit.

Metode :Pada penelitian ini dengan menggunakan metode studi literature, yaitu dengan menalisis literature-literatur yang telah dipilih dari berbagai sumber yang berbasis online.

Hasil : Dari 6 jurnal yang digunakan terbukti bebrbagai aplikasi dengan metode yang berbeda-beda dapat digunakan untuk mendiagnosa penyakit dalam kehamilan.

Kesimpulan : dengan adanya aplikasi system pakar ini diharapkan dapat dengan cepat mendeteksi penyakit dalam kehamilan, sehingga ibu hamil dapat segera diberikan pengebotan oleh dokter.

References

Ilham R, Danindra K, Yogyakarta UN. The effect of globalization on social change. Qalaai Zanist Sci J. 2021;6(3).

Annie Aprisandityas, Diana Elfida. Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Kecemasan Pada Ibu Hamil. J Psikol UIN Sultan Syarif Kasim Riau. 2012;8(Desember):80–9.

Meniati L, Lumban Gaol NY, Santoso I. Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Tanaman Kakao Menggunakan Metode Certainty Factor. J-SISKO TECH (Jurnal Teknol Sist Inf dan Sist Komput TGD). 2022;5(1):83.

Frieyadie F, Aryanti H. Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kehamilan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Pada Rsia Rp Soeroso. Pilar Nusa Mandiri. 2013;9(1):62–8.

Downloads

Published

2022-04-22

Issue

Section

Articles