Pelaksanaan Posyandu Lansia untuk Mewujudkan Lansia SMART (Sehat, Mandiri, Aktif Produktif) dan Berbudaya di Wilayah Kerja Puskesmas III Denpasar Selatan

Implementation of The Elderly Posyandu to Actualize SMART (Healthy, Independent, Active Productive) and Quality Elderly in the Work Area of Puskesmas III South Denpasar

Authors

  • Anak Agung Sagung Ratu Putri Saraswati Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Raras Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Tri Budi
  • Tri Suratmi

Keywords:

Lansia aktif produktif, Lansia berkualitas, Posyandu lansia

Abstract

Posyandu lansia merupakan ujung tombak cakupan pelayanan kesehatan lansia untuk mewujudkan lansia aktif produktif dan berkualitas guna meningkatkan mutu kehidupan lansia, mencapai masa tua bahagia, memperpanjang usia harapan hidup dan masa produktif agar dapat berdayaguna. Tujuan dari penelitian untuk mempromosikan pelaksanaan posyandu lansia agar terwujud lansia yang aktif produktif dan berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas III Denpasar Selatan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2023. Populasi lansia pada penelitian ini berjumlah 1.953 orang dengan besar sampel penelitian 200 orang lansia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori lansia aktif produktif baik sebesar (51,5%) dan (48,55) aktif produktif kurang. Kategori lansia berkualitas (98,0%) dan (2,0%) kurang berkualitas. Variabel dominan berhubungan dengan lansia aktif produktif adalah pelayanan posyandu lansia dengan nilai OR 15,859. Dan variabel yang dominan berhubungan dengan kualitas hidup lansia adalah tingkat Pendidikan dengan nilai OR 11,341. Saran yang dapat disampaikan kepada Puskesmas III Denpasar Selatan agar dapat meningkatkan program inovasi dengan kearifan lokal budaya Bali dengan peran serta keluarga melalui Bina Keluarga Lansia untuk mewujudkan lansia SMART dan berkualitas.

References

BPHN Kemenhukam RI. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia (Lansia). Jakarta: BPHN Kemenhukam RI; 1998 [cited 2021 Mar 22]. Available from: http://www.bphn.go.id/data/documents/98uu013.pdf.

Kementerian PPN/Badan Perencanaan Pembangan Nasional (Bappenas), UNFPA (United Nations Population Funds), BPS. Proyeksi penduduk Indonesia 2015-2045, hasil supas 2015. Jakarta: Bappenas, UNFPA, dan BPS; 2018.

Badan Pusat Statistik RI. Jumlah posyandu lansia di Indonesia tahun 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik RI; 2020 [cited 2020 Sep 2]. Available from: https://www.bps.go.id/.

Komnas Lansia. Pedoman pelaksanaan posyandu lanjut usia. Jakarta: Komnas Lansia; 2015.

Husain Z. Active ageing and labour market engagement. Singapore: Springer; 2020.

Agus AD. Perbedaan succesfull ageing pada lansia di tinjau dari jenis kelamin [skripsi]. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Negeri Semarang; 2013.

Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Profil kesehatan Provinsi Bali tahun 2019. Bali: Dinas Kesehatan Provinsi Bali; 2020.

Kumudaningsih DA. Pelaksanaan posyandu lansia Melati dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di RW 01 Kelurahan Demangan Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta [skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta; 2014.

Mindianata P. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat keaktifan lansia dalam mengikuti posyandu lansia. Jurnal Promosi Kesehatan. 2018; 6 (2): 213-26.

Ayuningtias AUH. Religiusitas sebagai faktor pendukung kepuasan hidup lansia di Bali. Jurnal Psikologi “Mandala”. 2018; 2 (1): 52-61.

Wardani NPS, Dewi FIR. Gambaran kualitas kehidupan lansia di Gianyar Bali. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni. 2020; 4 (2): 383-92.

Downloads

Published

2023-08-15

Issue

Section

Articles