Efektivitas Akupresur Terhadap Produksi Air Susu Ibu (ASI) Pada Ibu Post Partum Di Wilayah Kerja Puskesmas I Denpasar Timur

Effectiveness Of Acupressure On Mother's Milk Production In Post Partum Mothers In The Working Area Of Puskesmas I Denpasar Timur

Authors

  • Ni Ketut Ayu Sugiartini politeknik kesehatan kartini bali
  • Ni Made Ari Febriyanti Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Ni Nyoman Deni Witari
  • Ni Made Rai Widiastuti

Keywords:

Ibu Post Partum, Akupresur, Kelancaran Produksi ASI

Abstract

Pendahuluan:Faktor yang menjadi penyebab ketidaklancaran pengeluaran ASI antara lain, status kesehatan ibu, frekuensi dan lama menyusu, nutrisi dan asupan cairan ibu, hisapan bayi, dan faktor psikologis ibu. Faktor lain karena manajemen laktasi yang kurang tepat. Oleh karena itu perlu adanya pendampingan pada masa ibu nifas perlu dilakukan untuk membantu mengatasi ketidaklancaran pengeluaran ASI. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk merangsang hormone prolactin dan oksitosin pada ibu setelah melahirkan adalah dengan melakukan akupresur. Akupresur dapat menghasilkan efek melalui beberapa mekanisme yang berbeda. Titik akupresur memiliki sifat listrik yang ketika dirangsang dapat mengubah tingkat neurotransmitter kimia tubuh. Akupresur diyakini untuk melepaskan rasa sakit dan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi dan pelepasan endorphin. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penerapan akupresur terhadap  kelancaran produksi ASI pada ibu post partum. Bahan dan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eskperimen without control group.. Hasil penelitian: Data median dan standar deviasi sebelum diberikan akupresur yaitu median sebesar 14 dengan standar deviasi ± 1,31. Setelah diberikan akupresur didapatkan median sebesar 15 dengan satndar deviasi ±0,97. Hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -2,578 dengan p value (Asymp. Sign 2 tailed) sebesar 0,010 dimana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pre test dan posttest. Terdapat efektifitas akupresur terhadap kelancaran produksi ASI. Kesimpulan Petugas kesehatan diharapkan meningkatkan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat tentang akupresur dalam meningkatkan kelancaran ASI. Ibu Post partum tahu, mau dan mampu untuk melaksanakan akupresur untuk meningkatkan kelancaran Produksi ASI.

References

Yani A, Suriah S, Jafar N. The Effect of SMS reminder on Pregnant Mother Behaviour Consuming Iron Tablet. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2017;13(1):12-20.

Eldredge LKB, Markham CM, Ruiter RA, Kok G, Parcel GS. Planning health promotion programs: an intervention mapping approach: John Wiley & Sons; 2016.

Bartels SJ, Pratt SI, Aschbrenner KA, Barre LK, Naslund JA, Wolfe R, et al. Pragmatic replication trial of health promotion coaching for obesity in serious mental illness and maintenance of outcomes. American Journal of Psychiatry. 2015;172(4):344-52.

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Kementrian Kesehatan RI. Pedoman gizi seimbang. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak; 2014.

Roni Kurniawan, Narzril Ilham, Sigit Purnomo Said. The Correlation Between The Prinsiples Of Good Corporate Governance And Officials’performance In Health Departement Of Wajo Regency At [Skripsi]. Jakarata: Universitas Muhammadiyah Jakarata; 2017.

Khalifa M. Barriers to health information systems and electronic medical records implementation A field study of Saudi Arabian hospitals [Online Journal]. 2013 [Cited 17 September 2017]. Available from: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877050913008375.

Ebenhaezer G. Hubungan Kualitas Lingkungan Perumahan Dengan Derajat Kesehatan Ibu Dan Balita Di Sumatera Utara [Tesis]. Sumatra: Universitas Sumatra Utara; 2000.

Yani A. Kekerasan Pada Anak dan Melek Teknologi (Opini). Mercusuar. 1 Agustus 2017.

Riady E. detikNews. Senin 11 September 2017. [cited 17 September 2017]. Available from: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3636913/nisa-penderita-gizi-buruk-di-blitar- hidup-di-rumah-tak-layak?_ga=2.29864511.169260838.1505635728- 927849247.1505635728.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)