Efektifitas Terapi Rendaman Citronella Grass Terhadap Perubahan Tekanan Darah Ibu Hamil Hipertensi

Effectiveness of Citronella Grass Soaking Therapy for Changes Blood Pressure of Hypertensive Pregnant Women

Authors

  • Muzayyana Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
  • Alhidayah
  • Firli Paputungan

Abstract

Pada kehamilan, hipertensi adalah satu di antara tiga komponen yang menyebabkan kematian ibu pada bidang obstetric yaitu perdarahan pasca persalinan, hipertensi/eklamsia, dan infeksi. Komplikasi persalinan maupun kehamilan yang ditandai dengan meningkatnya Tekanan Darah, proteinuria serta adanya penumpukan cairan didalam jaringan, sehingga kadang membuat seseorang menjadi koma merupakan pengertian preeklamsia. Menurut World Health Organization (WHO) prevalensi preeklamsia di dunia mencapai 0,51%-38,4% (WHO, 2020). Tekanan darah tinggi disebut the silent killer karena termasuk penyakit yang mematikan, penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik muda ataupun tua. Hipertensi merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Sebanyak 1 milyar orang. Pada tahun 2020 di Indonesia kematian ibu yang diakibatkan hipertensi dalam kehamilan ada 1.110 kasus. Sedangkan Menurut data stastistik Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu pada periode tahun 2021-2023 terdapat  3.169 (126%) angka kehamilan mengalami preeklamsia. Secara farmakologis pengobatan preeklamsia tentunya dapat memberikan efek samping yang terkandung dalam obat-obatan karena mengandung bahan kimia, sedangkan pengobatan non farmakologis dapat memberikan kesan gaya hidup yang lebih sehat karena pengobatan yang dilakukan secara alamiah, seperti terapi herbal, salah satunya terapi rendam kaki dengan air hangat dan serai. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pre-test and Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang mengalami hipertensi. Teknik Sampel dengan purposive sampling. Analisa bivariat menggunakan uji t Dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat penurunan secara bermakna terhadap tekanan darah pada kelompok intervensi setelah dilakukan terapi rendaman kaki menggunakan air hangat dan serai dibuktikan dengan uji T nilai p-value = 0,000 (p-value < 0,05). Terapi rendaman air hangat dan serai dapat digunakan untuk mengurangi mual muntah pada ibu hamil sebagai salah satu terapi nonfarmakologi yang efektif.

References

Becker, BE, Hildenbrand, K, Whitcomb R & SJ. Biophysiologic effects of warm water immersion. Int J Aquat Res Educ. 2009;3:24–37.

Ranghupaty. Cytokines As Key Players In The Pathophysiology Of Preeclampsia. Med Princ Pr. 2013;1:8–19.

Kementerian Kesehatan. Data Ibu Hamil Kementerian Kesehatan. 2020;

Dinas Kesehatan Kotamobagu. Data ibu hamil dan Preeklamsia. 2023;

Sharma, R., Kapoor, B. & VU. Drug Utilization Pattern During Pregnancy In North India. Indian J Med Sci. 2006;6.

A F. Tanaman Herbal. CV Insan Cendekia Mandiri.; 2022.

Sutik R P. Rebusan Air Serai Efektif Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Posyandu Lansia Desa Turus. J Keperawatan. 2022;2.

Muzayyana, Alhidayah, Sitti Nurul Hikma Saleh, StRahmawati Hamzah, Agustin SRN. Essensial Oil DifusserLavender Terhadap Pengurangan Morning SicknessPada Ibu Hamil Trimester 1. MPPK (Media Publ Penelit Kebidanan. 2023;6(2):170–7.

Ferdi Ramadani. Pengaruh rendam kaki air hangat kombinasi diaphragmatic breathing exercise terhadap perubahan tekanan darah lansia penderita hipertensi di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda. Poltekkes Kalimantan Timur Progr Stud Keperawatan Samarinda. 2018;

Nurahmandani, A., Hartati, E. & SM. Efektivitas Pemberian Terapi Rendam Kaki Air Jahe Hangat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi di Panti Werdha Pucang Gading Semarang. J Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 2016;1(1):1–8.

Price, S. A. & WL. Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Jakarta: EGC; 2012.

Andriani M. Pengaruh Kompres Serei Hangat Terhadap Penurunan IntensitasNyeri Artritis Rheumatoid Pada Lanjut Usia. Ners Muda. 2020;1(2):132.

Aryani N& ZN. Penurunan Tekanan Darah Wanita Hamil Dengan Perendaman Kaki Air Hangat. J Sehat Mandiri. 2020;15(2):80.

Priharyanti Wulandari , Arifianto DS. PENGARUH RENDAM KAKI MENGGUNAKAN AIR HANGAT DENGAN CAMPURAN GARAM DAN SERAI TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH PODOREJO RW 8 NGALIYAN. J Keperawatan Univ Muhammadiyah Malang. 2016;7(1):43–7.

Liszayanti, Fety and SR. Pengaruh Terapi Rendam Kaki Dengan Air Hangat Dan Serai Terhadap Tekanan Darah Ibu Hamil Penderita Pre Eklamsi. Pros Fak Ilmu Kesehatan, Univ Muhammadiyah Semarang. 2019;2:299–309.

Downloads

Published

2024-03-30 — Updated on 2024-03-30

Versions

Issue

Section

Articles