Pentingnya Penerapan PHBS Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 di Lingkungan Masyarakat

The Importance of Implementing PHBS in Facing the Covid-19 Pandemic in the Community

Authors

  • Juwita Juwita Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Ayu Sunarti Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Jeita Jeita Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu

DOI:

https://doi.org/10.55771/mppk.v3i2.35

Keywords:

PHBS, Covid-19, Lingkungan

Abstract

Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) kini telah menjadi wabah pandemik di Indonesia. Mewabahnya penyebaran penyakit ini menyebabkan bencana bagi masyarakat hingga mengakibatkan kematian ribuan jiwa diseluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Munculnya wabah penyakit ini mendorong pentingnya untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Pencegahan penularan virus ini dapat dicegah dengan melakukannya dari hal-hal yang sederhana seperti cuci tangan dengan baik dan benar, menerapkan etika batuk, serta menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. PHBS merupakan salah satu starategi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 yang sangat efektif dan mudah dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Rekomendasi pemerintah yang terus menghimbau gerakan PHBS serta keluarga yang memiliki kesepakatan bersama dalam gerakan hidup sehat menjadi kunci pencegahan penyebaran Covid-19 pada masa pandemic ini. Melakukan PHBS diharapkan penyebaran Covid-19 dapat dihambat sehingga kejadian tidak menambah angka terkonfirmasi. Oleh karena itu pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, perlu dilakukan pemberian informasi secara terus menerus sehingga dapat meningkatkan pengetahuan seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

References

Chairil C. (PHBS) Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mendukung Gaya Hidup Sehat Masyarakat Di Rw 05 Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. J Pengabdi UntukMu NegeRI. 2021;5(2):52–6.

Aini A, Sriasih M. Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tempat Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid 19. J Pengabdi Magister Pendidik IPA. 2020;3(2):1–4.

Pratama R, Putra A, Supinganto A. Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Mewujudkan Generasi Peduli Sehat di Masa Pandemi Covid-19. J Masy Mandiri. 2021;5(3):1105–12.

Maulidia A, Hanifah U. Peran Edukasi Orang Tua terhadap PHBS AUD selama Masa Pandemi Covid-19. Musamus J Prim Educ. 2020;35–44.

Anggraini DT, Hasibuan R, No JI, Tim KM, Medan K, Utara S. GAMBARAN PROMOSI PHBS DALAM MENDUKUNG GAYA HIDUP SEHAT MASYARAKAT KOTA BINJAI PADA MASA PANDEMIC COVID-19 TAHUN 2020 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan PENDAHULUAN Sehat adalah hal yang paling terpenting dalam kehi. 2020;3(1):22–31.

Downloads

Published

2022-04-22

Issue

Section

Articles