Pengaruh Senam Nifas Terhadap Tinggi Fundus Di Puskesmas Pantoloan

The Effect Of Postpartum Gymnastics On Fundus Height At The Pantoloan Health Center

Authors

  • Juwita Juwita Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu

DOI:

https://doi.org/10.55771/mppk.v5i1.58

Keywords:

Ibu Nifas, Senam Nifas, Tinggi Fundus Uteri

Abstract

Involusi uterus atau pengerutan uterus merupakan suatu proses dimana uterus kembali ke kondisi sebelum hamil. Involusi uteri dapat juga dikatakan sebagai proses kembalinya uterus pada keadaan semula atau keadaan sebelum hamil. Senam nifas merupakan bentuk ambulasi dini pada ibu-ibu nifas yang salah satu tujuannya untuk memperlancar proses involusi, sedangkan ketidaklancaran proses involusi dapat berakibat buruk pada ibu nifas seperti terjadi pendarahan yang bersifat lanjut dan kelancaran proses involusi. Untuk mengetahui pengaruh senam nifas terhadap penurunan tinggi fundus uteri (TFU) pada ibu nifas Di Puskesmas Pantoloan  Kota Palu Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-eksperimen one group pretest- posttest design dengan menggunakan tehnik purposive sampling sebanyak 30 orang Hasil Penelitian menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai significancy 0,000 (ρ < 0,05) artinya ada perbedaan yang bermakna antara penurunan TFU sebelum dan sesudah dilakukan senam nifas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa senam nifas berpengaruh terhadap penurunan tinggi fundus uteri pada ibu nifas di Puskesmas Pantoloan Kota Palu.

References

Ambarwati, Eny Retna dan Wulandari, Diah. 2008. Asuhan Kebidanan Nifas. Jogjakarta: Nuha Medika.

Andryani, dkk. 2013. “Pengaruh Senam Nifas Terhadap Penurunan Tinggi Fundus Uteri Pada Ibu Post Partum”. Jurnal Keperawatan, Volume IX, No. 2.

Anggraini, Lia .2014. Asuhan kebidanan masa nifas. Bandung : Nuansa Cendikia. Asih, Yusari, dan Risneni. 2016. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Jakarta: CV. Trans Indo Media.

Brayshaw E. Senam hamil dan nifas pedoman praktis bidan. Jakarta: EGC; 2008. Cunningham, F.G. 2012. Obstetri Williams. Cetakan 23. Jakarta: EGC

Dahlan, M. Sopiyudin. 2011. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan: Deskriptif, Bivariat, dan Multivariat. Jakarta: Salemba Medika.

Hastin. 2010. “Pengaruh Senam Nifas Terhadap Kecepatan Involusi Uteri pada Ibu Nifas di BPS Sri Jumiarti Kecamatan Bulu Kabupaten Kebumen”. Skripsi. Stikes Kebumen.

Inayati. 2009. “Pengaruh Senam Nifas Terhadap Proses Involusi Uterus”. Skripsi.Stikes Aisiyah Jogjakarta.

Maritalia, Dewi. 2012. Asuhan Kebidanan dan Menyusui. Yogyakarta : Nuha Medika.

Marmi. 2012. Asuan Kebidanan Pada Masa Nifas “ Peurperium Care”. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Saputra, Lyndon dan Anita Lockhart. 2014. Asuhan Kebidanan Masa Nifas Fisiologis dan Patologis. Tangerang Selatan: Binarupa Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Walyani, Elisabeth Swi dan Th.Endang Purwoastuti. 2015. Asuhan Kebidanan Masa Nifas dan Menyusui. Yogyakarta : Pustaka Barupress.

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles