Hubungan Kondisi Fisik Air Bersih dan Kepemilikan Jamban dengan Penyakit Diare Di Desa Tinigi Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli

The Correlation Between Clean Water Condition And Toilet Ownership With Diarrhea In Tinigi Village, Galang District, Tolitoli Regency

Authors

  • Kasmiaty Kasmiaty Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Herlan Adiwijaya Akademi Kebidanan Menara Bunda Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.55771/mppk.v4i1.40

Keywords:

Penyakit Diare, Kondisi Fisik Air Bersih, Kepemilikan Jamban

Abstract

Penyakit diare di Indonesia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama, hal ini disebabkan karena masih tingginya angka kesakitan diare yang menimbulkan banyak kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kondisi fisik air bersih dan kepemilikan jamban dengan penyakit diare di Desa Tinigi Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan secara Cros Sectional Study. Penelitian dilaksanakan di Desa Tinigi Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli dan waktu penelitian dilaksanakan pada Januari-Februari 2018. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 995 kepala keluarga dengan sampel 91 responden. Pengumpulan data ada 2 jenis yaitu data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square, dan tingkat kemaknaan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa ada hubungan bermakna antara kondisi fisik air bersih (p = 0,032) dan kepemilikan jamban (p = 0,021) dengan penyakit diare di Desa Tinigi Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli. Penelitian ini menyarankan kepada instansi terkait dalam hal ini Puskesmas Galang Kabupaten Tolitoli agar dapat meningkatkan upaya-upaya penanggulangan penyakit diare melalui promosi kesehatan kepada masyarakat tentang pentingnya berprilaku hidup bersih dan sehat khususnya tentang air bersih dan kepemilikan jamban di Desa Tinigi.

 

References

Marchianti A, Nurus Sakinah E, Diniyah N et al. Digital Repository Universitas Jember Digital Repository Universitas Jember. Vol. 3, Efektifitas Penyuluhan Gizi pada Kelompok 1000 HPK dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Kesadaran Gizi. 2017. 69–70 p.

Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah. Profil Kesehatan Sulawesi Tengah Tahun 2016. 2016;70–1.

Tengah DKPS. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Palu; 2020.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli, 2017. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2017, Tolitoli

Ernawati N, Nurlelawati E. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Di RSIA Permata Sarana Husada Periode Februari 2015. Akad Keperawatan Husada Karya Jaya. 2017;3(1):12–8.

Sudasman FH. Hubungan Kepemilikan Saran Sanitasi Dasar Rumah Tangga, Personal Hygiene Ibu Balita dan Kebiasaan Jajan Terhadap Riwayat Penyakit Dieare pada Balita Daerah Sepanjang Aliran Sungai Citarum di Kelurahan Andir Kecamatan Balenda Kabupaten Bandung Tahun 2014. 2014.

Wulandari S. Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Seksual Remaja pada Siswa/I di SMK N 1 Tandun Kabupaten Rokan Hulu. J Martenity Neonatal. 2020;3(1):36–45.

Bin Ahmad Z, Arimbawa IW, Trisna Dew KA. Hubungan Faktor Perilaku Dan Faktor Lingkungan Terhadap Kejadian Diare Pada Balita Di Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali Tahun 2014. Intisari Sains Medis. 2016;6(1):8.

Rohmah N. Hubungan Kebiasaan Cuci Tangan Dan Penggunaan Jamban Sehat Dengan Kejadian Diare Pada Balita Puskesmas Sekardangan Kabupaten Sidoarjo. J Berk Epidemiol. 2016;5(1):1–10.

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles