Asuhan Kebidanan Intranatal Care Pada Ny “N” GII PI A0 Usia Kehamilan 38 Minggu Dengan Presentase Belakang Kepala di Puskesmas Pantoloan

Intranatal Care Midwifery Care For Mrs “N” GII PI A0 38 Weeks Of Pregnancy With Percentage Of Back Of Head At Pantoloan Health Center

Authors

  • Andi Kartiani Universitas Hasanuddin
  • Kasmiaty Kasmiaty Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Yuniarsih Yuniarsih Akademi Kebidanan Menara Bunda Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.55771/mppk.v5i1.54

Keywords:

Asuhan Kebidanan, Intranatal Care, Persalinan Normal

Abstract

Persalinan adalah pengeluaran hasil konsepsi (janin, plasenta dan cairan ketuban) dari uterus ke dunia luar melalui jalan lahir atau jalan lain dengan bantuan atau dengan kekuatan ibu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi kasus dan kasus yang diangkat adalah asuhan kebidanan intranatal care pada Ny. “N” GII PI A0 gestasi 38 minggu dengan presentase belakang kepala di Puskesmas Pantoloan, dimana sampelnya adalah 1 orang ibu bersalin yaitu Ny. “N”. Hasil dari penelitian ini disusun dengan menggunakan manajemen asuhan kebidanan 7 langkah Varney yang terdiri dari pengkajian data dasar, interpretasi data, identifikasi diagnosa atau masalah potensial, identifikasi dan penetapan kebutuhan yang memerlukan penanganan segera, perencanaan asuhan secara menyeluruh, pelaksanaan perencanaan dan evaluasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu dari data dasar baik itu obyektif maupun subyektif, assesment, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hingga catatan perkembangan ditemukan adanya kesenjangan antara teori dan kasus, khususnya pada persalinan kala II ditemukan adanya kesenjangan antar teori dan kasus pada lama dilakukannya IMD pada bayi baru lahir.

References

Annisa, Herni. 2017. Asuhan Persalinan Normal & Bayi Baru Lahir. Yogyakarta : CV Ando Offset.

Anonim. 2021. Pws KIA Puskesmas Pantoloan. Puskesmas Pantoloan.

Ayu, Putri. 2019. Asuhan Kebidanan Intranatal Care Pada Ny. “N” Umur 23 Tahun GII PI A0 Dengan Persalinan Normal Di Puskesmas Nosarara. Palu.

Dinkes Provinsi Sulteng. 2019. Profil Kesehatan Sulawesi Tengah. Palu Dinkes Provinsi Sulteng. 2020. Profil Kesehatan Sulawesi Tengah. Palu Dinkes Kota Palu. 2019. Profil Kesehatan Kota Palu. Palu.

Dinkes Kota Palu. 2020. Profil Kesehatan Kota Palu. Palu.

Fitriahadi, Enny. 2019. Buku Ajar Asuhan Persalinan dan Manajemen Nyeri Persalinan. [Online] Tersedia pada : https://lppm.unisayogya.ac.id/buku- karya-dosen-unisa-yogyakarta-buku-ajar-asuhan-persalinan-managemen- nyeri-persalinan/ (Diakses tanggal 20 Mei 2022).

Nirma, Ni Ketut. Asuhan Kebidanan Intranatal Care Fisiologi Pada Ny. “H” Dengan Presentase Belakang Kepala Di Puskesmas Nosarara Palu. Palu.

LPPM Graha Ananda. 2022. Pedoman penyusunan laporan tugas akhir prodi DIII kebidanan Graha Ananda. Palu.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Palangka Raya. 2019. Modul Dokumentasi kebidanan. Kemenkes RI [Online] Tersedia pada : http://repo.poltekkes- palangkaraya.ac.id/1788/ (Diakses tanggal 20 Mei 2022).

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles