Potret Penanganan Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia

Portrait Of The Handling Of Maternal And Child Healthservices During The Covid-19 Pandemic In Indonesian

Authors

  • Dede Sopiandy Akademi Kebidanan Menara Bundara Kolaka
  • Silva Silva Sekolah Tinggi Kesehatan Batara Guru Soroaka

DOI:

https://doi.org/10.55771/mppk.v4i2.46

Keywords:

Kesehatan, Ibu, Anak

Abstract

Kesehatan ibu dan anak adalah kesehatan yang mencakup segala aspek untuk mempertahankan derajat kesehatan yang optimal secara komprehensif di setiap daur kehidupannya mulai dari pra konsepsi, konsepsi, hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir, balita, pra sekolah, sekolah, remaja, dewasa hingga menopouse. Bidan adalah seorang perempuan yang telah menyelesaikan pendidikan kebidanan baik di dalam maupun di luar Negeri yang diakui secara legal. Peran bidan dalam masyarakat adalah memberikan pelayanan prima dan komprehensif utamanya bagi kesehatan ibu dan anak. Bidan disebut juga sebagai penggerak pelayanan kesehatan dimasyarakat, hal ini sejalan dengan hasil survey kesehatan di Indonesia yang menunjukkan bahwa hampir (88%) pelayanan kesehatan dilaksanakan oleh bidan. Tahun 2019 terjadi penyebarann penyakit baru yaitu virus yang menginfeksi saluran pernafasan yang disebut sebagai virus COVID -19. Dampak virus inilah yang menyebabkan banyak pelayanan kesehatan khususnya kebidanan menjadi terkendala. Berdasarkan data dan latar belakang inilah perlunya pengenalan tentang pelayanan kesehatan ibu dan anak dalam masa pandemi covid 19.

References

Boni Lestari P, Ayubi D. 2021. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Kader Posyandu dalam Penimbangan Balita Selama Pandemi Covid-19 Di Jakarta Timur. Jurnal Health Sains. Vol. 2. No. 4. Depok.

Rosisdin U, Eriyani T, Yamin A, Noor R, M. 2021. Upaya Peningkatan Pelayanan Posyandu Citra Saat Pandemi Covid-19 RW 12 Desa Jayaraga Garut. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4. No. 4. Garut.

Tristanti I, Kulsum U. 2020. Potret Perilaku Pemeriksaan Kehamilan di Masa Pandemi Covid-19. Motorik Journal Kesehatan. Klaten.

Indriati M, Rosita. 2021. Penerapan Pelayanan Asuhan Kebidanan Bayi Balita di Praktik Bidan Mandiri (PMB) pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sehat Masada. Vol. 15. No. 2. Bandung

Rosita R, Simamora T, M. 2021. Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Puskesmas Terpencil dan Sangat Terpencil di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat. Vol. 1. No. 2. Jakarta

Rohani S, Ana E, F, Qurniasih Nila, Wulandari E, T, Sulistiawati Y, Kumalasari D, Mayasari A, T, I, I, Utami I, T. 2020. Perkembangan Penelitian Kesehatan Ibu dan Anak dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 2. No. 2. Lampung.

Aeni Nurul. 2021. Pandemi Covid-19: Dampak Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial. Jurnal Litbang. Vol.17. No. 1. Kudus.

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles