Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Cendrawasih Rumah Sakit Anutapura Kota Palu

Analysis Of Inpatient Service Quality Against Patient Satisfaction At Cenderawasih Inpatient Room Of Hospital Anutapura Of Palu

Authors

  • Aisyah Aisyah Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Dede Sopiandy Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu

DOI:

https://doi.org/10.55771/mppk.v4i1.45

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, RSU

Abstract

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Pelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui  analisis kualitas pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriftif kuantitatif, dan pengukuran variabel independen dan variabel dependen dilakukan secara bersamaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang di Rawat Inap di Ruangan Cendrawasi Rumah Sakit Anutapura Palu. Waktu penelitian dan sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang berjumlah 40 sampel, dengan menggunakan yaitu teknik Accidental sampling. Analisis yang di gunakan  dalam penelitian ini adalah dengan ditribusi frekuensi. Hasil penelitian Dari hasil penelitian yang telah di lakukan bahwa ada 20 (50%) orang respomden yang sangat puas dengan kualitas pelayanan yang ada di ruang rawat inap cendrawasih rumah sakit umum anurapura palu dan ada 20 (50%) orang responsden yang kurang puas dengan kualitas pelayanan Ruang Raawat Inap Cendrawasih Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Di harapkan kepada pihak terkait di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu agar lebih memperhatikan kualitas pelayan Rumah Sakit

References

R. S. U. Prof and R. D. K. Tingkat Kepuasan Pasien atas Pelayanan Rawat Jalan di Poli Penyakit Dalam ( Interna ) di RSU Prof . R . D . Kandou Malalayang – Manado Patient Satisfaction Levels on Outpatient Services at Poly Disease ( Interna ) in. pp. 546–556.

H. A. Nugroho and S. Aryati. Hubungan Antara Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit lslam Kendal. Vol. 2. No. 2. pp. 36–41.

.3. D. Kesehatan et al. 2020. Menjelaskan Hubungan Antara Kepuasan Pasien dengan Pelayanan Asuhan Keperawatan. Vol. 11. No. 1. pp. 203–211. doi: 10.33859/dksm.v11i1.613.

.4. Sakung. J. Sudirman. 2015. Pedoman Penulisan dan Penilaian Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammahdiyah Palu.

Tim Penyusun. 2014. Profil Rumah Sakit Anutapura Palu. Rumah Sakit Anutapura Palu. Kota Palu.

Widarijati Sri Moedji. 2009. Tesis Analisis Kualitas Layanan Kesehatan Pada Badan Rumah Sakit Daerah Kabupaten Banggai Program Pasca Sarjana Universitas Tadulako Palu.

Widya Citamiputi. 2013. Skripsi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap Rumah Sakit Otorita Batam. Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Bandung.

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles