Efektifitas Tekhnik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Penurunan Nyeri Dismenorea Di Desa Benggaul

The Effectiveness of Finger Clasp Relaxation Techniques on Reducing Dysmenorrhea Pain in Benggaul Village

Authors

  • Rizqy Wahyuni Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Nurhaeda Nurhaeda Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Aisyah Aisyah Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu

DOI:

https://doi.org/10.55771/mppk.v5i1.55

Keywords:

Tekhnik Relaksasi, Nyeri Dismenorea

Abstract

Dismenore primer terjadi akibat endormetrium yang menyebabkan kontraksi miometrium yang kuat dan mampu menyempitkan pembulu darah yang mengakibatkan iskemia, disentegrasi endometrum, pendarahan dan nyeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitasteknik relaksasi genggam jari terhadap penurunan nyeri Dismenore di Desa Benggaulu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen yang mempengaruhi tehnik relaksasi genggam jari terhadap penurunan nyeri disminore dengan pendekatan Quasy eksperimen. Jenis desain pada penelitian ini dengan mengambil jenis One Group “Pre-test dan Post-test” dimana kelompok eksperimen diberikan pre-test sebelum diberikan perlakuan yang kemudian diukur dengan post-test setela perlakuan. Berdasarkan dari hasil analisis statistik dengan menggunakan uji Wilcoxson Kolmogrov-Smirnov tehnik relaksasi genggam jari terhadap penurunan nyeri dismenore diperoleh nilai p =0,01 lebih kecil daripada alfha <(  :0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada  pengaruh tehnik relaksasi genggam jari terhadap penurunan nyeri dismenore, sebelum dan sesudah dilakukan tehnik relaksasi genggam jari pada mahasiswi

References

Mas Rendesudiarto S, Petrus P. Aplikasi Terapi Kompres Hangat Dalam Manajemen Nyeri Haid (Dismenorea) Pada Remaja Di Puskesng. 2014;8–30.

Nasution P, Aulia S. Perbandingan Efektivitas Antara Kompres Hangat Dan Pijat Punggung Terhadap Pengurangan Nyeri Haid (Dismenorea) Di Smk Swasta Dharma Patra Pangkalan Susu. 2021;8511:38–44.

Putri RC. Hubungan Antara Status Gizi, Riwayat Keluarga, Dan Rutinitas Olahraga Dengan Kejadian Dismenore Pada Siswi Kelas XI Di SMA 08 Pontianak. Heal Sci. 2019;53(9):1689–99.

Evrianasari N, Yosaria N. Pengaruh Teknik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Nyeri Postsectio Caesarea. J Kebidanan Malahayati. 2019;5(1).

Djala FL, Tahulending DY. Pengaruh Teknik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Tingkat Nyeri Pada Pasien Post Sectio Caesarea Di Ruangan Kebidanan Rumah Sakit Umum Daerah Poso. J Islam Med. 2018;2(2):1.

Wilujeng RD. Pengaruh Pemberian Tehnik Relaksasi Napas Dalam Terhadap Penurunan Nyeri Disminore Pada Mahasiswi. 2015;(110):35–41.

Wardani PK, Fitriana, Casmi SC. Hubungan siklus menstruasi dan usia menarche dengan Dismenor Primer pada siswi kelas X. J Ilmu Kesehat Indones. 2021;2(1):1–10.

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)