Asuhan Kebidanan Intranatal Care Patologi Dengan Ketuban Pecah Dini Dipuskesmas Tawaeli

Midwifery Care Intranatal Care Pathology with Premature Rupture of Membranes at the Tawaeli

Authors

  • Hernah Riana Akakdemi Kebidanan Menara Bunda Kolaka
  • Aisyah Aisyah Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu

DOI:

https://doi.org/10.55771/mppk.v4i2.51

Keywords:

Asuhan Kebidanan, Patologi, KPD

Abstract

Ketuban Pecah Dini (KPD) adalah pecahnya ketuban sebelum waktunya melahirkan/inpartu, pada pembukaan <4 cm (fase laten). Berdasarkan data yang diperoleh dari Puskesmas Tawaeli pada tahun 2018 angka kejadian ketuban pecah dini (KPD) sebanyak 1 kasus dari 1.123 (104.2%) ibu bersalin, pada tahun 2019 sebanyak 2 kasus dari 1.090 (105.9%) ibu bersalin dengan ketuban pecah dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan mengekplorasi secara spesifik tentang kejadian yaitu dengan mengangkat satu kasus untuk diteliti sebagai gambaran Asuhan Kebidanan Intranatal Care Patologi dengan Ketuban Pecah Dini (KPD) di Puskesmas Tawaeli Tahun 2020. Hasil penelitian ini menggunakan pendekatan pemecahan masalah studi kasus dengan menggunakan 7 langkah Varney dan Asuhan Kebidanan yang meliputi pengkajian data subjektif dan objektif, interpretasi data, indentifikasi diagnosa atau masalah potensial, identifikasi dan menetapkan kebutuhan yang memerlukan penanganan segera dan kolaborasi, merencanakan asuhan yang menyeluruh, melaksanakan asuhan, evaluasi, serta pendokumentasian menggunakan metode SOAP (Subjektif, Objektif, Assesment, Plan Of Action). Kesimpulan dari Asuhan Kebidanan Intranatal Care Patologi dengan KPD adalah Data Subjektif dan Data Objektif, serta Assesment tidak terdapat kesenjangan antara teori dan kasus dan standar oprasional prosedur Puskesmas Tawaeli, Plant Of Action tidak ditemukan adanya kesenjangan antara teori dan kasus.

References

Yulianti W, Yuniarty Y, Putri DK. Laporan Kasus : Asuhan Kebidanan Patologis Dengan Ketuban Pecah Dini Pada Ny . D Case Report : Pathological Obstetrics Care With Premature Rupture of Membranes in Ny . D.

Butarbutar MH. Jurnal Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Hidup. J Kesehat Masy Dan Lingkung Hidup. 2016;1(1):22–8.

Khayati N, Auwaluwiyanti R. Status Gravida dan Kadar Keasaman ( pH ) Mukosa Vagina pada Kejadian Ketuban Pecah Dini. Pros Semin Nas Unimus. 2019;2:74–81.

Kliza et al.No Title No Title No Title. Angew Chemie Int Ed 6(11), 951–952. 2017;(28).

Palu DKK. Profil Ibu Hamil Dengan Anemia. 2020.

Pantoloan P. Data Puskesmas Pantoloan. Palu; 2020.

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles