Faktor yang Berhubungan dengan Penatalaksanaan Inisiasi Menyusu Dini di Puskesmas Pantoloan Kota Palu

Factors Associated with Management of Early Initiation of Breastfeeding at the Pantoloan Health Center, Palu City

Authors

  • Elfina Elfina Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Rizqy Wahyuni Akademi Kebidanan Menara Bunda Kolaka
  • Nuraiman Nuraiman Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu

DOI:

https://doi.org/10.55771/mppk.v4i1.42

Keywords:

Inisiasi, Menyusu Dini, Bidan

Abstract

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) adalah permulaan bayi menyusu pada ibu secara dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan inisiasi menyusu dini (IMD) di Puskesmas Pantoloan. Desain penelitian menggunakan survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasinya adalah Bidan yang bertugas di Puskesmas Pantoloan. Sampel  ditarik dengan menggunakan tehknik sampling jenuh  berjumlah 23 orang . Pengumpulan data melalui data primer yaitu pengumpulan data yang  diperoleh melalui kuesioner yang diberikan langsung kepada responden. Analisis data berupa analisa univariat dan analisa bivariat dengan menggunakan pengumpulan data Uji Statistik Chi-Square α = 0,05, serta disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, dan analisis bivariat didapatkan  ada hubungan pengetahuan bidan dengan penatalaksanaan Inisiasi Menyusu Dini di Puskesmas Pantoloan (p.value = 0,02>0,05), dan ada hubungan antara sikap bidan dengan penatalaksanaan Inisiasi Menyusu Dini di puskesmas Pantoloan (p.value = 0,00>0,05). Kesimpulan dalam peneltian ini adalah ada hubungan antara pengetahuan bidan dan sikap bidan terhadap inisisai menyusu dini di Puskesmas Pantoloan.

References

Depkes, R. I. Pedoman pencegahan dan penanggulangan anemia pada remaja putri dan wanita usia subur (WUS). (2016).

Safira, D. HUBUNGAN ANTARA KONFLIK PERAN GANDA IBU BEKERJA DENGAN SIKAP TERHADAP RIWAYAT ASI EKSKLUSIF DI KABUPATEN SLEMAN. (2020).

Adam, A., Bagu, A. A. & Sari, N. P. Pemberian inisiasi menyusu dini pada bayi baru lahir. J. Kesehat. Manarang 2, 76–82 (2016).

Kusumawati, A. Hubungan antara pengetahuan ibu tentang IMD dengan praktek inisiasi menyusu dini di RB Harapan Bunda Pajang Surakarta. (2010).

Ulandari, D. Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini oleh Bidan Praktek Swasta di Kota Palembang tahun 2012. J. Kebidanan (2012).

Debataraja, F., Siregar, N. S. N. & Batubara, W. M. FAKTOR–FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN INISIASI MENYUSUI DINI (IMD) DI PUSKESMAS BUTAR KECAMATAN PAGARAN KABUPATEN TAPANULI UTARA TAHUN 2020. J. Ilm. Kebidanan Imelda 7, 12–18 (2021).

Sulfianti, S. et al. Asuhan Kebidanan pada Persalinan. (Yayasan Kita Menulis, 2020).

Mujur, A., As’ ad, S. & Idris, I. Factors Affecting the Success Early Initiation of Breastfeeding (EIBF) at Puskesmas Jumpandang Baru 2014. Indian J. Public Heal. Res. Dev. 10, (2019).

Notoatmodjo, S. Pendidikan dan perilaku kesehatan. (2003).

Notoatmodjo, S. Ilmu perilaku kesehatan. (2010).

Notoatmodjo, S. Promosi kesehatan & ilmu perilaku. (2007).

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)