Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu

Effect Of Service Quality On Satisfaction Of Inpatients At Anutapura Hammer General Hospital

Authors

  • Nuraiman Nuraiman Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu
  • Diaz Capriani Akademi Kebidanan Graha Ananda Palu

DOI:

https://doi.org/10.55771/mppk.v3i1.32

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, Pasien

Abstract

Kualitas adalah totalitas dan wujud serta ciri dari suatu barang atau jasa yang dihasilkan, yang didalamnya terkandung sekaligus pengertian akan adanya rasa  aman  dan terpenuhinya  kebutuhan  para  pengguna  barang atau  jasa  yang dihasilkan tersebut. Terpenuhinya kebutuhan yang dibutuhkan pengguna jasa akan menimbulkan kepuasan tersendiri. Dimensi kualitas jasa yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa terbagi menjadi 5 (lima) dimensi yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangible. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance,Emphaty, dan Tangible terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Anutapura Palu. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan menggunakan pendekatan cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap Rumah Sakit Anutapura Palu. Jumlah sampel dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan rumus estimasi proporsi dengan jumlah sampel sebanyak 81 responden, teknik pengambilan sampel secara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial terdapat 2 (dua) dimensi yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien yaitu dimensi Responsiveness ada dengan nilai t hitung> t tabel (3,228>1,992) dan dimensi Emphaty dengan nilai t hitung> t table (2,074>1,992). Secara simultan, Lima Dimensi Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien dengan nilai probabilitas F hitung kurang dan 0,05 (0,000<0,05). Penelitian ini diharapkan memberikan referensi bagi petugas untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan khususnya pelayanan rawat inap sehingga kepuasan pasien semakin meningkat dan berpengaruh kepada loyalitas pelanggan terhadap jasa rumah sakit.

References

Slamet, Azis dan Wahyudin. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis, Paramedis, Dan Penunjang Medis Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Sakit IslamManisrenggo Klaten.

Dewi R. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna Bpjs Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. J Manaj Dayasaing. 2017;18(2):146.

Rosalia K, Purnawati N. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien RSU Surya Husadha di Denpasar. E-Jurnal Manaj Univ Udayana. 2018;7(5):242718.

Kesehatan D, Kebidanan J, Vol K, Tingkat H, Pasien K, Pelayanan D, et al. dengan menjelaskan hubungan antara kepuasan pasien dengan pelayanan asuhan keperawatan. Sampel berjumlah 30 responden dengan tehnik sampling. 2020;11(1):203–11.

Anutapura, RS. Profil Rumah Sakit Anutapura Palu.

Jaya I, Syarufuddin I, Gedung U. Indra Jaya dan Indra Syarufudin E-ISSN 2502-5678. 2015;1(1):37–41.

C.s W, Sabir M. Perbandingan Antara Suhu Tubuh, Kadar Leukosit, dan Platelet Distribution Width (PDW) Pada Apendisitis Akut dan Perforasi. J Kesehat Tadulako [Internet]. 2016;2(2):24–32. Available from:

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/HealthyTadulako/article/download/8329/6610

Fitriani S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi. Univ Muhammadiyah Surakarta. 2014;1(1):18–9.

Kasjono, Heru Subaris. 2012. Teknik Sampling untuk Penelitian Kesehatan. Graha Ilmu:Yogyakarta

Savitri D, Hidayat W, Dewi R. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Tarif Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Lestari Raharja Kota Magelang (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Inap Non Asuransi). J Ilmu Adm Bisnis. 2015;4(2):325–31.

Downloads

Published

2022-04-22

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)