Efektifitas Penggunaan Video Tutorial terhadap Kemampuan Ibu dalam Melakukan Pijat Bayi sebagai Pencegahan Konstipasi pada Bayi

Effectiveness of Using Tutorials Video on Mothers' Ability to Perform Baby Massage to Prevent Constipation in Babies

Authors

  • Made Pradnyawati Chania Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Ni Nyoman Ayuk Widiani Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Ni Wayan Sukma Adnyani Politeknik Kesehatan Kartini Bali

Keywords:

Video Tutorial, Kemampuan Ibu, Pijat Bayi, Konstipasi pada Bayi

Abstract

Kesehatan anak salah satu faktor utama penyebab masalah dalam bidang kesehatan yang terjadi di Negara Indonesia saat ini. Salah satu indikator kesehatan bayi yaitu pola defekasi dan kesehatan kulit bayi. Terapi pijat merupakan bagian dari terapi non-farmakologi untuk pengobatan dan pencegahan penyakit anak. Pijat bayi sangat tepat menjadi salah satu bentuk pola asuh pada bayi yang dapat dilakukan oleh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektifitas penggunaan video tutorial terhadap kemampuan ibu dalam melakukan baby massage sebagai pencegahan konstipasi pada bayi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Experimental dengan dengan rancangan one group pretest-posttest without control yaitu observasi dilakukan sebanyak dua kali, sebelum perlakuan dan setelah perlakuan pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding/kontrol. Jumlah sampel yang akan digunakan adalah 30 bayi berusia 0 – 6 bulan untuk memenuhi minimal data untuk generalisasi. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling yaitu sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data dilakukan dengan analisis bivariat dengan uji statistik yang digunakan adalah uji Paired T-Test dan Wilcoxon. Hasil yang didapatkan yaitu nilai p sebesar 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kemampuan ibu dalam melakukan baby massage sebelum dan sesudah diberikan video tutorial. Pada pengamatan konstipasi, uji Wilcoxon didapatkan nilai p sebesar 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat perbedaan bermakna. Dari hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan penggunaan video tutorial efektif dalam meningkatkan kemampuan ibu dalam melakukan baby massage, serta penggunaan video tutorial baby massage efektif dalam menurunkan kejadian konstipasi pada bayi.

References

Hidayat AA. Ilmu kesehatan anak untuk pendidikan kebidanan. Jakarta Salemba Med. 2008;

Salwan H, Kesumawati R. Pola Defekasi Bayi Usia 7-12 Bulan, Hubungannya dengan Gizi Buruk, dan Penurunan Berat Badan Serta Persepsi Ibu. Sari Pediatr. 2016;12(3):168–73.

MARTIN C, DOVEY T. Paediatric Gastrointestinal Disorders. 2014;

Liacouras CA, Piccoli DA. Pediatric Gastroenterology E-Book: Requisites. Elsevier Health Sciences; 2007.

Van Den Berg MM, Benninga MA, Di Lorenzo C. Epidemiology of childhood constipation: a systematic review. Off J Am Coll Gastroenterol ACG. 2006;101(10):2401–9.

Loening-Baucke V. Prevalence, symptoms and outcome of constipation in infants and toddlers. J Pediatr. 2005;146(3):359–63.

Leichtner AM, Gillis LA, Gupta S, Heubi J, Kay M, Narkewicz MR, et al. NASPGHAN guidelines for training in pediatric gastroenterology. J Pediatr Gastroenterol Nutr. 2013;56:S1–8.

Jufri M, Soenarto YS, Oswari H, Arief S, Rosalina I, Mulyani SN. Gastroenterologi-hepatologi. CetakanPertama Jakarta IDAI. 2010;

Jurnalis YD, Sofni S, Yorva S. Konstipasi pada anak. CDK. 2013;40(1):27–31.

Suarsyaf HZ, Wulan D, Rw S, Kedokteran F, Lampung U, Epidemiologi B, et al. Pengaruh Terapi Pijat terhadap Konstipasi. 2005;

Lämås K, Lindholm L, Stenlund H, Engström B, Jacobsson C. Effects of abdominal massage in management of constipation—A randomized controlled trial. Int J Nurs Stud. 2009;46(6):759–67.

Turan N, Atabek Aştı T. The effect of abdominal massage on constipation and quality of life. Gastroenterol Nurs. 2016;39(1):48–59.

Nurak CE, Setiono KW, Koamesah SMJ. Efektivitas Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Pemakaian Masker Kain Dalam Pencegahan Covid-19 Pada Mahasiswa Baru Universitas Nusa Cendana. Cendana Med J. 2021;9(1):30–7.

Emilda E, Fazdria F, Dewi S. Hubungan antara ketepatan waktu pijat bayi dengan kebutuhan tidur bayi usia 6 bulan. Fem J Ilm Kebidanan. 2022;2(2):135–42.

Lalita EMF, Donsu A. PENGGUNAAN MASSAGING SKILLS VIDEO UNTUK IBU EFEKTIF MENSTIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK BAYI. J Ilm Perawat Manad. 2020;8(02):117–29.

Sadiman S, Islamiyati I. Efektifitas Pijat Bayi terhadap Peningkatan Berat Badan, Lama Waktu Tidur dan Kelancaran Buang Air Besar. J Kesehat Metro Sai Wawai. 2020;12(2):9.

Subakti Y, Anggraini DR, Gz S. Keajaiban Pijat Bayi & Balita. WahyuMedia; 2008.

Chania MP, Widiani NNA. Pengaruh Baby Massage Terhadap Kejadian Konstipasi dan Dermatitis Bayi Usia0-6 Bulan. J Kebidanan J Ilmu Kesehat Budi Mulia. 2022;12(2):207–14.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)