Kombinasi Prenatal Yoga dan Aromaterapi Lavandula angustifolia Untuk Nyeri Punggung pada Kehamilan

Combination of Prenatal Yoga and Lavandula angustifolia Aromatherapy for Back Pain in Pregnancy

Authors

  • A.A. Santi Dewi
  • Maria Gabriela Yuniati
  • Ni Wayan Sukma Adnyani

Keywords:

Prenatal yoga, lavender, nyeri punggung

Abstract

Nyeri punggung bawah pada kehamilan digambarkan sebagai nyeri di daerah pinggang, di atas sakrum dan nyeri ini dapat menjalar ke kaki, nyeri seringkali bersifat tumpul dan diperburuk oleh fleksi anterior tulang belakang lumbal. Sakit punggung yang tidak diobati dapat menyebabkan sakit punggung kronis. Selain itu dampak dari sakit punggung adalah gangguan tidur, kehilangan konsentrasi, penurunan nafsu makan dan kesulitan melakukan aktivitas santai lainnya. Hal-hal tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu sehingga ibu hamil merasa stres. Upaya non farmakologi yang dapat dilakukan dengan Prenatal yoga dan Aromaterapi Lavender (Lavandula angustifolia) yang dikatakan aman dan mempunyai manfaat dalam mengurangi nyeri pinggang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kombinasi prenatal yoga dan aromaterapi lavender terhadap nyeri punggung bawah pada ibu hamil trimester III. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan desain eksperimen yang digunakan adalah Pre-post Test Design (dengan kelompok kontrol). Jumlah sampel sebanyak 30 ibu hamil sesuai kriteria inklusi, dibagi menjadi 15 kelompok kontrol dan 15 kelompok perlakuan. Teknik pengambilan sampel secara acidental. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner NRS. Analisis data bivariat menggunakan Man-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan nyeri pinggang pada ibu hamil trimester III antara kelompok kontrol dan kombinasi prenatal yoga dan aromaterapi lavender, p-value 0,000 (p-value <0,05).

References

Persalinan DM. ( The Correlation Between Mother ’ s Knowledge Level and Husband Support Toward. 2023;7(1):35–44.

Handayani R, Batubara S, Dewi R, Purwandari ES, T RDS, Resmi DC, et al. BUKU TERAPI KOMPLEMENTER DALAM KEBIDANAN. Reni Yuli Astutik, S.ST. MK, editor. 2021. 134 p.

Hartvigsen J, Hancock MJ, Kongsted A, Louw Q, Ferreira ML, Genevay S, et al. Series Low back pain 1 What low back pain is and why we need to pay attention. 2018;6736(18).

Penelitian U, Politeknik M, Sulastri M, Nurakilah H, Marlina L, Nurfikah I. MEDIA INFORMASI Penatalaksanaan Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester III Dengan Metode Kinesio Tapping Berdasarkan Standar Profesi Bidan. 2022;18:145–51.

Mu’’alimah M. Pengaruh Prenatal Yoga Terhadap Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil trimester III. J Kebidanan [Internet]. 2021;10(1):12–6. Available from: https://akbid-dharmahusada-kediri.e-journal.id/JKDH/index%0APENGARUH

Keta ZDP. PENGARUH KOMBINASI YOGA DAN AROMA TERAPI LAVENDER TERHADAP TINGKAT NYERI DISMENORE PADA REMAJA PUTRI DI PONDOK PESANTREN SUMATERA THAWALIB PARABEK. 2020;2(2).

Yanti LC. Pengaruh Senam Hamil Yoga Terhadap Kadar Endorphin Plasma dan Tingkat Kecemasan pada Ibu. 2022;11:75–81.

Sagita YD. Pemberian Aroma Terapi Lavender untuk Menurunkan Intensitas Nyeri Pemberian Aroma Terapi Lavender untuk Menurunkan Intensitas Nyeri Persalinan. 2019;1:151–6.

Suarni S, Asmara K, Hutahaean H, Sofiyanti I, Waluyo UN. Prenatal Yoga sebagai Upaya Mengurangi Ketidaknyamanan pada Ibu Hamil Trimester II dan III Awal. 2023;2(1):97–104.

Lestari P. Pengaruh Kombinasi prenatal yoga dan senam hamil terhadap tingkat kPengaruh Kombinasi prenatal yoga dan senam hamil terhadap tingkat kecemasan dan lama persalinan kala I pada Ibu hamil Trimester IIIecemasan dan lama persalinan kala I pada Ibu hamil Trimes. Indones J Midwifery. 2019;2(2):72–8.

Dewi AAS, Ari M. Reduksi Nyeri Punggung Bawah Dengan Prenatal Gentle Yoga Pada Kehamilan Trimester III Di Gianyar Bali Tahun 2021. 2022;12(1):10–6.

Natasa P, Adinda S, Choirunissa R, Azzahroh P. Efektivitas Prenatal Yoga Dan Pemberian Aromaterapi Lavender Terhadap Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil di Puskesmas Gang Sehat Kota Pontianak Abstrak Abstrack. 2022;14(1):172–83.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles