Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Peningkatan Berat Badan Bayi di RSUD Kabupaten Klungkung

The Effect of Baby Massage on Increased Baby Weight in Klungkung District Hospital

Authors

  • Ni Putu Prastika Rahayuni Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Made Pradnyawati Chania Politeknik Kesehatan Kartini Bali https://orcid.org/0000-0001-5745-6488
  • Maria Gabriela Yuniati Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Ni Nyoman Ayuk Widiani Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • Ni Made Ari Febriyanti Politeknik Kesehatan Kartini Bali

Keywords:

Pijat Bayi, Peningkatan Berat Badan, Bayi 0-12 Bulan

Abstract

Bayi yang mengalami kekurangan gizi secara terus menerus cenderung akan menghadapi masalah kesehatan dan perkembangan tubuh seperti berat badan kurang. Pijat bayi dapat digolongkan sebagai aplikasi stimulasi sentuhan, karena dalam pijat bayi terapat unsur sentuhan berupa kasih sayang, perhatian, suara atau bicara, pandangan mata, gerakan, dan pijatan. Stimulasi ini akan merangsang perkembangan struktur maupun fungsi sel-sel otak. Saat ini telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa pijat bayi memiliki banyak manfaat baik fisik maupun emosional. Pijat bayi adalah suatu terapi komplementer yang diyakini dapat meningkatkan berat badan bayi karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pijat bayi terhadap peningkatan berat badan bayi di RSUD Kabupaten Klungkung tahun 2023. Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan one group pretest-posttest. Hasil penelitian dapat diperoleh paired sample T-test, ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna (P value = 0,0001<0,05) antara berat badan bayi sebelum dan sesudah dilakukan pijat bayi. Kesimpulannya pijat bayi terbukti mampu meningkatkan berat badan bayi dalam kurun waktu 10 hari terhitung sejak pertama kali dilakukan perlakuan sehingga diharapkan semua ibu yang memiliki bayi sehat mampu melakukan stimulasi pijat bayi terhadap bayinya secara berkesinambungan sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi optimal.

References

Schaible UE, Kaufmann SHE. Malnutrition And Infection: Complex Mechanisms And Global Impacts. Plos Med. 2007;4(5):E115.

Atmarita F. Analisis Situasi Gizi Dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta Direktorat Gizi Masyarakat, Dep Kesehat. 2004;

Baroo’ah B, Arifah S, Kp S, Yuniartika W. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pijat Bayi Terhadap Perilaku Ibu Dalam Memijat Bayi Secara Mandiri Di Kelurahan Girimargo Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2015.

Irva TS. Pengaruh Terapi Pijat Terhadap Peningkatan Berat Badan Bayi. Riau University; 2014.

Widiani NNA, Chania MP. Efektivitas Baby Massage Terhadap Kualitas Tidur Bayi Usia 3-6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Ii Sukawati Tahun 2021. An-Nadaa J Kesehat Masy. 2022;9(1):29–33.

Widiani A. Efektivitas Baby Massage Terhadap Frekuensi dan Durasi Menyusu pada Bayi Usia 0-6 Bulan. J Med Usada. 2023;6(2):60–6.

Chania MP, Widiani NNA. Pengaruh Baby Massage Terhadap Kejadian Konstipasi Dan Dermatitis Bayi Usia0-6 Bulan. J Kebidanan J Ilmu Kesehat Budi Mulia. 2022;12(2):207–14.

Subarto CB, Isnaeni Y. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Perubahan Berat Badan Pada Bayi Usia 6–12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Gondomanan Yogyakarta. Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta; 2017.

Aini I. Pengaruh Pijat Bayi Terhadap Pola Tidur Bayi Usia 3-6 Bulan Di Rs Roemani Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang; 2017.

Downloads

Published

2023-08-15

Issue

Section

Articles